BELAJAR MERAJUT 2

MEMBUAT TUSUK TUNGGAL / SINGLE STITCH /SINGLE CROCHET (SC)














Tusuk tunggal biasanya digunakan untuk membuat alas tas atau dompet , terkadang ada juga yang memakainya untuk badan tas. Apabila badan tas menggunakan tusuk tunggal, tas akan berdiri kokoh dan kaku. Akan terlihat cantik namun pengerjaannya akan lebih lama dari pada menggunakan tusuk yang lainnya, misalnya tusuk ganda / double stitch (dc) dan tusuk kerang (shell stitch).
Untuk membuat tusuk tunggal / single stitch (sc), langkah-langkahhnya sebagai berikut :


1. Dari rantai terakhir tusuk rantai (ch) kita akan naik dan membuat tusuk tunggal. Caranya, jarum ada di rantai terakhir (lihat foto) mundur 1 rantai, masukkan jarum (hook)























2. Setelah jarum masuk, ambil benang atas bawa ke arah masuknya jarum, tarik benang.

























3. Hasilnya di jarum terdapat 2 lingkaran.























4. Kemudian ambil benang atas, bawa masuk ke dalam ke 2 lingkaran tersebut, tarik benang sampai keluar dari ke 2 lingkaran tersebut.
























5. Sekarang pada jarum hanya ada 1 lingkaran
























 6. Ulangi lagi prosesnya dengan memasukkan jarum ke lubang di   sebelahnya / di belakangnya, lanjutkan seperti nomer 1 sampai nomer 5. Kalau diperhatikan menjadi seperti berjalan mundur. Sewaktu membuat rantai berjalan seperti tanda ini →→→→ maka ketika naik ke atas dan membuat tusuk tunggal, jalannya menjadi seperti ini ←←←←←





















Untuk lebih jelasnya dapat di lihat dari video berikut ini :











Seperti biasa, supaya lancar harus rajin latihan ya. Dan jangan lupa....LIKE dan SHERE nya.... terimakasih..



2 comments:

About Me

My photo
Nama Saya Yuliana, seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurusi anak2 dan suami, antar jemput anak, memasak, dll. Saya punya kegemaran membuat tas, baik tas kain maupun tas rajut. Saya suka menulis tutorial dan hal-hal yang berhubungan dengan kreasi tas wanita/remaja. Mudah-mudahan blog saya ini bermanfaat untuk semua. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Salam - Yuliana
Powered by Blogger.