MEMBUAT TOTE BAG SENDIRI

MEMBUAT TOTE BAG SENDIRI



Tote bag atau tas jinjing sangatlah disukai banyak orang,karena simple,mudah dibawa,serbaguna dan nggak ribet dipakainya. Cara membuatnya pun mudah hanya memang butuh banyak step step nya. Mari kita mencoba membuatnya bersama-sama...

1. Persiapkan bahan-bahan yang di butuhkan :
    Di sini saya menggunakan kain kanvas untuk outer dan kain furing baju untuk innernya.

Potong semua bahan seperti keterangan di dalam gambar/ foto di samping.
Outer A (18x30) adalah kain kanvas motif London
Outer B (14x30) adalah kain kanvas merah polos
Handle (6x40) adalah kain kanvas merah polos
Inner (30x30)  adalah kain furing baju


2.Menyambung outer A dan outer B

Tumpuk outer A dan outer B dengan bagian bagus kain saling berhadapan,kemudian jahit.

 Buka kain kemudian jahit balik pada bagian bagus kain seperti foto di samping. Lakukan hal yang sama pada outer A dan outer B yang lain.















3. Membuat tali tas.
                                                                                                                                                      
Lipat ke dalam 1 cm memanjang pada ke dua sisi kemudian setrika lipatan tersebut.
Kemudian lipat hasil setrikaan tadi menjadi 2 dan setrika kembali. Ukurannya menjadi 2x40cm.
Lakukan hal yang sama pada tali yang satu lagi.
Kemudian jahit pada bagian yang terbuka,sehingga  menjadi handle/tali tas.

4. Menyusun dan menjahit badan tas bagian pertama.

Letakkan 1 inner kemudian resleting menghadap atas (bagian kepala resleting dan tulangan resleting ada di atas), tepi inner usahakan sama dengan tepi resleting.






Kemudian letakkan tali/handle tas di tengah bagian, beri jarum pentul atau bisa juga di jahit jelujur agar tidak berubah tempat dan memudahkan saat nanti di jahit bersama-sama dengan inner dan outer.
Kemudian letakan kain outer dengan posisi bagian bagus kain berada di bawah (lihat foto di sebelah).
Usahakan tumpukan inner + resleting + tali/handle + outer bagian atasnya segaris ( tepi-tepinya sama).
Beri jarum pentul dan jahit. Diawal jahitan,jahit maju kira-kira 1cm kemudian jahit mundur (biasanya di setiap mesin jahit ada tombol untuk jahit mundur),hal ini supaya jahitan tudak mudah terbuka kembali, kemudian jahit maju lagi. Ketika sampai di tali/handle tas, jahit maju sampai ujung tali kemudian jahit mundur ke ujung awal kemudia jahit maju lagi, ini supaya tali terpasang kuat di badan tas. Lanjutkan sampai ujung tumpukan. Apabila kita tidak mempunyai mesin jahit,kita bisa menjahitnya dengan tangan, tidak masalah.

Setelah terjahit semua, balik badan tas menjadi urutan seperti ini, inner + resleting + handle (handle menghadap atas seperti foto di samping) + outer. Rapikan dengan disetrika atau ditekan-tekan dengan tangan. Kemudian coba buka tutup, buka tutup resleting. Bila lancar jalannya,berarti sudah terpasang dengan benar. Tetapi bila tidak lancar, anda harus mendedel ulang dan mulai dari awal lagi pekerjaannya.
Bila sudah lancar, beri jarum pentul di ujung-ujung yang akan di jahit. Kemudian jahit (lihat foto di samping)












5. Menyusun dan menjahit badan tas bagian kedua.

Sekarang kembali letakkan inner (yang satu lembar lagi, yang belum terjahit) kemudian tas yang tadi sudah terjahit, dengan posisi resleting menghadap atas, kalau tadi bagian kepala resleting ada di sisi kanan berarti sekarang kepala resleting ada di sisi kiri. Tali tas letakkan menghadap bawah. Kemudian tumpuk dengan tali tas yang satu lagi (yang belum terjahit).Beri jarum pentul atau jahit jelujur.


Kemudian,tumpuk dengan kain outer yang satu lagi (yang belum terjahit) dengan posisi sisi kain yang bagus menghadap bawah,beri jarum pentul. Perhatikan, semua tumpukan kedua ini berada di sisi yang berbeda dari sisi pertama resleting. Sehingga kalau di lihat bagian bawah kain, ada beda jarak sekitar kurang lebih 1 sampai 2 cm antara tumpukan pertama yang sudah dijahit,dengan tumpukan kedua yang masih proses penumpukan ini.Setelah siap semua, cek lagi, kemudian jahit dengan proses  seperti tumpukan yang pertama tadi, bisa dengan mesin jahit atau dengan jahit tangan.

Kemudian balik, rapikan dengan setrika. Kmudian langkah selanjutnya adalah menjahit bagian luar tumpukan kedua. Ingat, ketika menjahit tumpukan kedua ini, tumpukan pertama berada di sebelahnya.Setelah selesai dengan jahit luar tumpukan kedua ini, kembali buka tutup,buka tutup,resleting, bila lancar, berarti sudah siap untuk langkah selanjutnya. Bila tidak lancar, berarti harus mendedel lagi dan mulai dari awal lagi.













6. Menjahit keliling inner dan outer.

Langkah selanjutnya, buka resleting, kemudian pisahkan badan tas menjadi dua bagian, satu bagian outer dengan outer (di foto ada di bagian kanan) dan inner dengan inner (di foto ada di bagian kiri). Jahit mengelilingi badan tas, mulai dari sebelah kanan garis putih yang ada tulisan tidak di jahit ( lihat foto di samping) jahit keliling sampai di bagian kiri tanda tersebut.Bagian yang tidak di jahit itu gunanya supaya tangan kita bisa masuk ke dalam tas untuk membalik tas di akhir proses nanti.
Kemudian potong resleting yang berlebih.
Hati-hati ketika menjahit keliling, perhatikan posisi resleting , tepi-tepi resleting harus menumpuk, dan menunpuknya itu harus ke sisi yang sama, misal ke sisi inner.




7. Membuat alas tas.
Buat segitiga dari samping tas, raba bagian jahitan tas, samakan /segariskan jahitan bagian samping tas dengan bagian bawah tas dengan cara di raba.











Kemudian ukur 4cm ke kiri dan 4 cm ke kanan, buat garis. Jahit garis tersebut.
Lakukan langkah-langkah tadi di ke tiga ujung yang lain ( 2 ujung pada outer dan 2 ujung pada inner)
kemudian gunting ujung-ujungnya.
Setelah semua selesai , masukkan satu tangan kita ke bagian dalam tas, tarik keluar outer dan inner tas.
Bagian akhir adalah menjahit lubang 15cm tadi. Setelah dijahit, masukan inner tas ke dalam outer dan rapikan semua. Small tote bag siap digunakan.......selamat mencoba.... Bila ada yang kurang dimengerti, komen ya,dengan senang hati saya akan membantu....



Please, Like and Share .. berbagi itu indah

4 comments:

About Me

My photo
Nama Saya Yuliana, seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurusi anak2 dan suami, antar jemput anak, memasak, dll. Saya punya kegemaran membuat tas, baik tas kain maupun tas rajut. Saya suka menulis tutorial dan hal-hal yang berhubungan dengan kreasi tas wanita/remaja. Mudah-mudahan blog saya ini bermanfaat untuk semua. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Salam - Yuliana
Powered by Blogger.