SEPUTAR DUNIA TAS KANVAS


Informasi tentang belanja online dan keperluan membuat tas cantik           

        

(Foto diambil dari FB Ida Haluana III dan FB Hasta La Vista)


Saat ini tas kanvas sedang banyak penggemarnya, satu merek terkenal yaitu Cath Kidstone memakai bahan kanvas dan kanvas laminasi dengan motif yang beragam dan cantik-cantik. Disain mereka yang simpel,kuat dan serbaguna membuat tas-tas mereka laris manis di pasaran. Dan sepertinya karena banyak peminat tas kanvas, sekarang ini banyak teman-teman terutama ibu-ibu yang hobi menjahit mulai meminati bisnis membuat tas kanvas, maka banyak juga bermunculan workshop-workshop yang terbuka untuk umum dengan sekali datang dapat langsung menguasai 1 macam jenis tas, misalnya tote bag, doctor bag,dll. Dengan biaya berkisaran 300 ribuan sampai 500 ribuan. Biasanya bahan-bahan dan mesin jahit disediakan pihak penyelenggara, juga makan siang. Karena work shop ini memang butuh waktu lumayan lama. Berikut ini saya informasikan  penyelenggara yang membuka ws untuk umum yang bisa dilihat online (dari akun FB) ;
        - FB Crafton,sewing craft workshop organizer
        - FB Maria Ulfa Syafii (galeri maul craft)
        - FB Dhani Aryanti
Apabila kita tidak bisa mengikuti WS-WS karena kita tinggal di daerah misalnya,atau karena memiliki anak-anak yang masih kecil, tetapi kita ingin sekali bisa membuat tas-tas cantik, masih ada cara lainnya, misalnya mempelajarinya dari vidio-vidio di you tube walaupun kebanyakan tutorialnya menggunakan bahasa inggris,spanyol dll yang tidak kita mengerti, tetapi kita bisa melihat prosesnya.
Akun FB Umi Fidh juga menampilkan tutorial-tutorial membuat tas.
Untuk menambah ilmu tentang per-tas-an ini, bisa juga teman-teman bergabung dengan grup FB Craftalova Fabric Club, Fabric and Craft Supply Market (Indonesia).

Sekarang saya akan sedikit menginformasikan tentang motif-motif kain kanvas yang sedang populer saat ini.

- motif London bridge





- motif  france voyage




-motif houndstooth hitam putih













-motif tribal











Foto-foto diambil dari FB Kain Fonz.

Berikut kain-kain yang sering digunakan untuk membuat tas-tas cantik :
1. Kain kanvas.
    Kain kanvas ada yang produksi lokal ada juga yang di import. Lebar kain kanvas biasanya 150cm dan harga permeternya untuk yang produksi lokal berkisar antara Rp 43.000 sampai Rp 50.000 Terkadang ada yang menjual minimal 0,5 meter,1 meter ada juga yang menjual paketan,berukuran 50x50cm dalam 5 motif. Ini berguna bagi teman-teman yang masih mencoba membuat tas.
2. Kain kanvas laminasi.
    Kain ini mengkilap dan waterproof, karena sudah diberi laminasi. Harganya berkisar antara Rp 62.000 sampai Rp 170.000 permeternya.Motifnya sama dengan motif kanvas tanpa laminasi.
3. Kain linen.
    Kain linen tidak sekeras dan sekaku kain kanvas.Harganya lebih mahal dari kain kanvas, berkisar antara Rp 145.000 permeternya.
4. Panel linen.
    Panel linen biasanya digunakan sebagai center point dari sebuah tas, pemanis, pemikat karena gambar-gambarnya memang indah-indah. Ukurannya kecil-kecil yaitu 15x20cm, 12x30cm, 29,5x 20cm, 22,5x30cm dengan harga yang variatif.

Berikut adalah contoh-contoh panel linen yang di jual di FB With Love Iyetzz
 
 



5. Kulit imitasi.
     Kulit imitasi atau kulit sintesis biasanya digunakan untuk membuat handle tas, penutup tas, dan variasi-variasi tambahan dari tas kanvas.Harga permeternya mulai dari Rp 40.000.
   
Untuk membeli kain-kain tersebut teman-teman bisa melihatnya di  FB Kain Fonz, FB Ida Haluana III, juga di istagram Dinarpascal.

Selain kain kanvas sebagai bahan utama membuat sebuah tas cantik, kita juga memerlukan asesoris-asesoris pelengkap, misalnya, handle kulit dan kulit sintetis yang siap pakai, resleting, bahan pelapis tas, tali rantai tas, behel tas,ring,pengait, kancing magnet, dll. Untuk membeli semua itu kita bisa melihatnya di FB Inen Handle & Label Kulit, FB Florencia Veronica,  FB Ida Haluana III, FB Alfatih Aksesoris Tas.


   Webbing
   Untuk handle/tali tas.
Behel
Untuk dompet koin.


Behel tas pesta.
Handle kayu.











Demikian informasi yang saya ingin share kepada teman-teman. Semoga dapat memudahkan teman-teman untuk memulai belajar membuat tas-tas cantik dan kemudian dapat menjadikannya bisnis sampingan di rumah......Selamat mencoba.....
Jangan lupa Like and Share ya.

4 comments:

  1. Thanks for sharing.. Mencari peralatan menjahit berkualitas dengan harga murah untuk membantu pekerjaan menjahit anda?.. Intip koleksi produk mesin jahit dari Fitinline yuk..

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing, jika sedang mencari bahan kanvas berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    ReplyDelete

About Me

My photo
Nama Saya Yuliana, seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurusi anak2 dan suami, antar jemput anak, memasak, dll. Saya punya kegemaran membuat tas, baik tas kain maupun tas rajut. Saya suka menulis tutorial dan hal-hal yang berhubungan dengan kreasi tas wanita/remaja. Mudah-mudahan blog saya ini bermanfaat untuk semua. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Salam - Yuliana
Powered by Blogger.