BENANG RAJUT

BENANG RAJUT  ( CROCHET ) DAN BELANJA ONLINE 



       Pada awal saya mengenal dan kemudian tertarik dengan dunia rajut-merajut adalah ketika anak saya membutuhkan penutup kepala yang akan dia kenakan di saat-saat tertentu. Karena bentuknya yang tidak ada di pasaran, saya mencoba mencari akal, bentuk apakah yang cantik bila di kenakan di kepala? dan setelah saya browsing, pilihan jatuh kepada rajutan, saya mencoba membuatnya dengan panduan dari video di youtube. Ketika teman saya melihat, dan ternyata teman saya ini pandai merajut, akhirnya jadilah penutup kepala tersebut. Sangat indah dan anak saya suka sekali. Sejak saat itu saya jatuh cinta dengan dunia rajut-merajut.

       Pelajaran pertama yang saya dapat adalah mengenai macam-macam benang rajut, Berikut ini saya mencoba menginformasikannya kepala teman-teman :


BENANG KATUN. ( foto dari FB FLORENCIA VERONICA )




Benang katun ada beberapa macam, yang biasa digunakan di Indonesia adalah katun Bali, soft katun dan katun merek Lie Fung. Yang biasa digunakan untuk membuat perlengkapan bayi adalah sotf katun, karena texturnya lembut. sedangkan benang rajut katun yang lain lebih cocok di buat tas ,dompet, taplak meja. karena texturnya lebih kasar. Kelemahan benang katun bila di buat tas adalah warnanya yang mudah pudar. Sehingga tidak saya rekomendasikan untuk di buat tas, walaupun bisa dan ada juga yang banyak menggunakannya sebagai bahan untuk membuat tas.



BENANG POLI /  POLYESTER ( foto dari FB FLORENCIA VERONICA )



Benang ini sangat cocok untuk di  buat tas, dompet, sepatu rajut. Warnanya yang sangat beragam dan ringan menjadi daya tarik bagi para perajut. Juga harganya murah karena biasanya dijual per gulung kecil dengan berat 100 gram. 


BENANG NYLON ( foto dari FB FLORENCIA VERONICA )



Benang nylon biasanya di gunakan untuk membuat tas, dompet, dan sepatu rajut. Texturnya kasar, bila merajutnya tangan memang akan terasa sakit. Kemudian juga berat, dan terasa jatuh, sangat mengkilap dan mewah. Hasil rajutan yang di buat dari benang nylon biasanya harganya lebih mahal dari rajutan dengan benang lain. Di pasaran ada bermacam-macam merek benang nylon, yang terbaik yang saya rekomendasikan adalah yang bermerek peniti.


BENANG PROPYLENE (foto dari FB FLORENCIA VERONICA )




Benang ini mirip dengan benang nylon. Kalau nylon itu berat, sangat kasar, dan mengkilap, benang ini ringan, tidak terlalu kasar dan mengkilap. Harganya lebih murah dari benang nylon. Sangat cocok untuk membuat tas, dompet dan sepatu rajut.


BENGANG JALA ( foto dari FB FLORENCIA VERONICA )




Benang jala biasanya ukurannya sangat kecil. Digunakan untuk membuat taplak meja. Warnanya biasanya hanya putih dan krem. Diperlukan ketelatenan yang super sabar dalam menggunakan benang ini.


BENANG RAYON ( foto dari FB FLORENCIA VERONICA )




Benang rayon viscose adalah benang yang lembut dan hangat. Sangat cocok untuk dibuat perlengkapan bayi seperti baju, sepatu, topi, kaos kaki bayi. Benang ini juga cocok untuk membuat baju kita, syal dan topi kupluk.


       Kadang kita menemukan jenis benang lain, misalnya big poly, berarti itu adalah benang jenis polyester yang berukuran besar, bukan gulungannya yang besar tetapi ply benangnya / diameter benangnya. Sehingga kita harus menggunakan ukuran hook (alat rajut ) yang besar juga nomernya.
Demikian juga dengan big katun. Sedangkan kalau istilah bulky, misalnya katun bulky, itu adalah benang katun dengan ukuran yang paling besar, lebih besar dari big katun. Biasanya untuk topi dan syal musim dingin.

      Kemudian ada juga istilah katun sembur, nylon sembur, poly sembur. Nama ini dimaksudkan untuk warna benang nya. Biasanya dalam satu gulung benang itu ada tiga warna yang menyambung membentuk pola sembur beragam. Hasil dari rajutan benang ini akan sangat indah dan tidak dapat diperkirakan dari awalnya.

      Kemudian ada juga poly apple, poly cherry, poly united, katun lie fung, nylon peniti, itu adalah merek dari benang-benang tersebut. 
Berikut saya informasikan tempat-tempat yang menjual keperluan merajut dengan cara online dan offline :
       Aneka benang, alat rajut dan keperluan lainnya dapat di beli di sana. Apabila teman-teman ingin belajar banyak tentang merajut, ada baiknya ikut bergabung dengan grup merajut di FB seperti misalnya FB BELAJAR MERAJUT, FP PASAR RAJUTAN, FP GROUP CROCHET/ MERAJUT 

Demikian informasi dari saya, semoga menginfirasi......selamat mencoba....jangan lupa LIKE dan SHARE dan terimakasih sudah mampir di blog saya......

2 comments:

About Me

My photo
Nama Saya Yuliana, seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurusi anak2 dan suami, antar jemput anak, memasak, dll. Saya punya kegemaran membuat tas, baik tas kain maupun tas rajut. Saya suka menulis tutorial dan hal-hal yang berhubungan dengan kreasi tas wanita/remaja. Mudah-mudahan blog saya ini bermanfaat untuk semua. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Salam - Yuliana
Powered by Blogger.